Loading Events

« All Events

Talkshow Sesi #8: Desa Adat Bajo & Desa Adat Kajang

Saat ini, masyarakat cenderung lebih bangga dengan budaya asing. Mereka kurang peduli dengan adat tanah kelahirannya. Kondisi serupa juga dihadapi oleh Suku Bajo, Sasak, dan Biak. Padahal banyak nilai luhur mereka yang selama ini bisa menjadi acuan untuk menata ulang Indonesia, terutama pasca pandemi COVID-19. Karena kekayaan perspektif tersebut akan turut memperkaya alternatif tata kelola baru, baik secara taktis dan strategis.

Pengalaman suku-suku di wilayah timur Indonesia ini akan melengkapi perspektif yang ditawarkan oleh suku-suku lain. Sistem adat yang berjalan di Desa Adat Bajo, Sasak dan Biak, diharapkan dapat memberikan usulan-usulan untukmengingatkan kembali masyarakat Indonesia pada nilai-nilai yang telah diwariskan para leluhur. Karena sejatinya, nilaipara leluhur ketiga suku tersebut juga merefleksikan beragam nilai para leluhur suku-suku lain di Nusantara.

Talkshow Seri 8 Festival Kebudayaan Desa membahas tentang bagaimana Desa Adat Bajo, Sasak, dan Biak merespon pandemi COVID-19. Apa saja nilai, pengetahuan, dan praktik kebudayaan yang bisa disumbangkan untuk merancang tatanan Indonesia baru. Dan bagaimana pula peran desa maupun komunitas adat dalam konstruksi tatanan Indonesia baru tersebut. Baik dalam kebudayaan,ekonomi, hukum maupun politik.

Narasumber:

  1. Benny Baskara (Perwakilan Desa Adat Bajo)
  2. Tjatur Kukuh S (Perwakilan Desa Adat Paer Daya, Lombok)
  3. Apolos Sloyer, Manfun Kawasa (Perwakilan Desa Adat Biak)

Moderator: Veronica Kusumaryati (Harvard College Fellow)

Share