Selalu menarik membincang tentang pemuda dan peran pentingnya di masyarakat. Kongres Kebudayaan Desa 2020 bahkan mengangkat tema tentang Pemuda Desa ini dalam satu seri Webinar. Tentu saja menghadirkan para pemuda kreatif, inovatif, dengan karya nyata di bidang yang dicintainya.

Dari paparan semua narasumber kita jadi memperoleh gambaran bahwa keberadaan pemuda bisa punya dua sisi. Betul bahwa sejarah sudah membuktikan betapa dahsyat peran pemuda dari masa ke masa. Mulai dari Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan, Reformasi, hingga di era pandemi ini. Namun di sisi lain perlu juga kita cermati bahwa ada banyak pemuda yang justru menjadi beban demografis.

Tentu kita ingin semua pemuda bisa jadi aset yang bagus bagi bangsa ini. Berkiprah membangun desanya masing-masing. Tak ada yang berulah bikin gerah dan malah jadi masalah.

Dari siapapun kita bisa belajar, termasuk dari para narasumber Webinar bertema Pemuda Desa di Kongres Kebudayaan Desa. Mereka terlibat bergerak, mengajak sebayanya untuk ikut melakukan hal-hal baik bagi lingkungan sekitarnya. Mereka kuat karena berjejaring. Mereka menarik karena menggunakan cara asik, beberapa di antaranya efektif memakai jalan seni dan kebudayaan. Mereka kritis, dinamis, ulet, dan berani. Mereka berilmu dan terampil. Mereka santun. Mereka mandiri. Mereka keren!

Berkarya di desa? Jangan malu, sudah banyak contoh sukses. Hari gini dengan perkembangan teknologi bisa bantu kita terhubung dengan kawan di belahan dunia yang berbeda. Tips dari Bli Gede Robi Navicula mungkin bisa kita pakai untuk yang ingin mulai.

Kata Bli Robi, kenali potensi di lingkungan sekitarmu. Adakah yang bisa dikembangkan? Kopi misalnya, atau budidaya anggrek, atau kerajinan bambu, atau… pendeknya: banyak ragam!

Lantas kenali dirimu, temukan passion-mu. Kecintaanmu melakukan apa? Menulis atau membuat lagu, atau membuat kerajinan, atau berkebun, atau bertani, macam-macam!

Dari sana mampukan dirimu untuk menjadi profesional, dengan banyak belajar tentu saja. Kombinasi pemetaan lingkungan dengan kapasitas pribadi yang baik akan menghasilkan sesuatu yang dahsyat. Jadilah pemuda desa berdaya. Pemuda berdaya Indonesia Maju!

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *