Taufik Madjid dan Dana Desa

Ia yakin bahwa desa selalu punya daya hidup. Karena itu, masyarakat desa harus mendapat porsi besar dalam keterlibatan pembangunan dirinya sendiri. Dan gagasan tersebut juga tercermin dalam empat tujuan pembangunan desa yang ia luaskan setiap kunjungan ke desa maupun hadir di beragam forum. Pertama, memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat. Kedua, meningkatkan pelayanan publik di desa. Ketiga, menanggulangi kemiskinan. Dan yang terakhir, menjadikan masyarakat desa sebagai subjek pembangunan.

Bagi Taufik Madjid, S.Sos, M.Si, empat poin tersebut adalah implementasi yang dimandatkan oleh UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Sebagai Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD), ia mengajak seluruh pihak untuk menuntaskan mandat tersebut. Karena melalui Undang-Undang Desa, pemerintah lokal sudah diakui dan dihormati. Sehingga pemerintah lokal punya kewenangan lebih besar. Tapi ia juga mengingatkan agar pemerintah lokal lebih melibatkan masyarakat. Syaratnya, masyarakat desa dikuatkan dan diberi akses terhadap dana desa agar tidak ada penyimpangan.

Menilik perjalanan Taufik di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, tak lepas dari jenjang studinya yang konsen pada pemerintahan dan pengembangan masyarakat. Gelar sarjana ia raih tahun 1995 dari Jurusan Ilmu Pemerintahan, Universitas Sam Ratulangi, Manado. Setelahnya ia banyak berperan di beragam tugas pemerintahan Provinsi Maluku dan Maluku Utara, dari 1999 hingga 2004. Lalu sejak 2004 ia menjadi mahasiswa tugas belajar pascasarjana di Jurusan Manajemen Pembangunan Sosial, Universitas Indonesia. Dan akhirnya Taufik meraih gelar magisternya pada 2006.

Pada Kongres Kebudayaan Desa ini, Taufik Madjid menjadi narasumber di hari kedelapan, 8 Juli 2020 dengan topik Hukum dan Politik Desa: Membangun Habitus Politik dan Regulasi yang Memuliakan Martabat Manusia dalam Tatanan Indonesia Baru.

(Sumber foto: )

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *